About Me

Menuang Rasa , Merajut Asa
>Abid Nurhuda

Pembelajaran Interaktif Pancasila dan Kewarganegaraan

Judul            Development Media Interactive Learning in Education Pancasila and Citizenship Education to Improve Tolerance of Students in Elementary School
Jurnal           Kemajuan Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora Research
Vlm/Hlm     Vol. 251,  Hal: 311-314
Tahun           2018
Penulis         Vina, M Sumantri, Sarkadi dan Reza Rachmatulloh
Reviewer      Abid Nurhuda

Mengenal Pembelajaran Interaktif Pancasila


Tujuan penelitian    :    Untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif tentang pembelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar
Subjek penelitian    :    Subjek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Harapan Jaya V Kota Bekasi Indonesia berjumlah 30 responden dimana fase uji coba Uji Coba Kelompok Kecil 10 responden, pada tahap uji coba Uji Coba Lapangan 30 responden.
Metode penelitian    :    Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan. Penelitian ini memproduksi media pembelajaran interaktif interaktif menggunakan Adobe Flash Player pada pembelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari analisis persyaratan, bahan uji angket ahli, uji ahli desain. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari hasil tes produk, yaitu uji lapangan.
Faktor pengaruh    :    Penggunaan media pembelajaran interaktif yang mampu mengembangkan solusi potensial untuk memecahkan masalah keterampilan berpikir tingkat tinggi..
Alasan dilakukan penelitian ini    :    Tidak dieksploitasinya media dalam proses pembelajaran umumnya disebabkan oleh berbagai alasan seperti waktu persiapan yang terbatas, sulitnya menemukan media yang tepat, dan biaya lain yang tidak tersedia
Variabel Dependen    :    Muslim adalah populasi terbesar di Indonesia. Karena itu, toleransi mengajar sangat dibutuhkan di sekolah. Menurutnya masalah ini dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif dapat berperan dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini tentunya mengalami perubahan zaman dan memiliki daya tarik tersendiri untuk belajar sehingga siswa dapat membangun pemahamannya melalui media yang dikembangkan
Variabel Independen    :    Penelitiannya di pelajar kelas I Sekolah Dasar menyatakan bahwa dengan pembelajaran multimedia yang interaktif dan siswa akan lebih mudah dan cepat memahami materi pelajaran, selain itu proses pembelajaran akan lebih menarik.
Langkah-langkah    :    1.  Menggunakan prosedur penelitian dan model menggunakan model dick carey yang memiliki sepuluh tahap, yaitu:
(1)(1.) Analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran;
     (2) analisis pembelajaran;
     (3) menganalisis pelajar dan lingkungan;
     (4) merumuskan tujuan kinerja;
     (5) mengembangkan instrumen;
     (6) mengembangkan strategi pembelajaran;
     (7) pengembangan dan pemilihan bahan pembelajaran;
     (8) melaksanakan evaluasi formatif;
     (9) merevisi pembelajaran;
     (10) merancang dan mengimplementasikan evaluasi sumatif.
Hasil penelitian    -            Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini terbukti valid, praktis, dan memiliki potensi efek pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia. Pembelajaran di Sekolah Dasar dan Penggunaan Media yang dikembangkan siswa interaktif dapat meningkatkan toleransi terhadap konten materi di dalamnya adalah keberagaman Indonesia.
Kelebihan    :    Menggunakan bahasa yang sederhana dan ringkas
Kekurangan    :    Kelemahan dalam penelitian ini adalah refrensi yang digunakan dalam analisis sangat kurang dan sedikit sehingga keakuratannya harus lebih diteliti dan dicermati lagi

Post a Comment

0 Comments