About Me

Menuang Rasa , Merajut Asa
>Abid Nurhuda

Perbanyak Dzikir

Perbanyak
Dzikir
 


Oleh : Abid Nurhuda


سمعت رابعة العدوية صالحًا المُري يذكر الدنيا في قصصه، فنادته: يا صالح، من أحبَّ شيئًا أكثر من ذكره. 

Aku mendengar Robiah Al-adawiyah melewati orang sholih yang sedang menyebut-nyebut masalah dunia dalam kisahnya, maka Robiah pun memanggilnya : Wahai orang sholih, Barang siapa yang ingin mendapatkan (bagian yang banyak dari dunia) hendaknya dia memperbanyak dzikirnya.

 

 قال عبدالله بن عون: ذكرُ الناس داء، وذكرُ الله داء، قلت: أي الله، فالعجب منا، ومن جهلنا، كيف ندع الدواء، ونقتحم الداء؟

Abdulloh bin Aun Berkata : Menyebut manusia merupakan penyakit, sementara menyebut Allah adalah penyakit. Akupun berkata : Loh Allah? Maka kami pun terheran-heran dan kaget karena termasuk kebodohan kami adalah bagaimana bisa kami menyebut (Allah) yang seharusnya adalah obat malah terbalik dengan (Penyakit) karena ada unsur kemiripan?

 

قال عبدالله بن وهب: نذرت أني كلما اغتبت إنسانًا أن أصوم يومًا، فأجهدني، فكنت أغتاب وأصوم، فنويت أني كلما اغتبت إنسانًا أن أتصدَّق بدرهم، فمن حُبِّ الدراهم تركتُ الغيبة.

Abdulloh bin Wahab berkata : Aku bernadzar bahwa setiap kali aku menyakiti manusia maka aku wajib ( menggantinya ) dengan puasa sehari, akupun berpegang teguh dengan hal itu sehingga saat aku menyakiti orang lain, aku langsung berpuasa dan aku juga meniatkan bahwa setiap kali aku menyakiti orang lain, aku akan bersedekah dengan satu dirham… maka dari kecintaanku kepada dirham inilah aku pun bisa meninggalkan (Ghibah) menyakiti hati orang lain.

Post a Comment

0 Comments